Memulai Blogging

Kita mungkin masih ingat jelas website zaman jadul abisss yang berbackground 1 warna n tulisan dengan huruf dengan fontasi yang jadul. Lalu muncul website dengan gambar, suara dan akhirnya video. Gimanapun website tetap saja berjalan ditempat dan tertinggal jauh dengan popularitas blog yang semakin meraja. (Ajakan halus buat anda: Yuuuk mulai ngeblog)

Bayangkan saja untuk editing website anda harus mengusai paling tidak CMS atau java, kadang perlu c++ juga (duuh repotnya). Sehingga website selalu memiliki pemilik dan pengelola yang berbeda. Pemilik website adalah yang punya website, sedang pengelola adalah operator atau asisten yang dibayar untuk bekerja melakukan proses editing, update, dan perawatan website.
Berbanding terbalik dengan betapa mudahnya blog baik dalam segi editing maupun update, karena tool-tool editing sudah disediakan. Cukup searching aja pasti akan dengan mudah anda temukan.
Bukan berarti website itu tidak sebagus blog, website memang lebih baik dalam beberapa hal, tapi mengenai kemudahan blog lah juaranya.
kembali ke topik
Type dan Jenis Blog
  • personal blogger
Jenis blog ini banyak digunakan oleh para blogger yang hanya menggunakan blognya sebagai wahana atau cerminan penyampaian hobi dan kesenangan serta keasyikan dunia maya saja. Blog jenis ini biasanya hanya memuat gambar dan tulisan saja dan tidak terlalu rumit. Berisi catatan atau ertikel yang membahas topik-topik tertentu.
Blog ini banyak ditemukan dalam bentuk Blog Jurnal tulisan yang biasanya dimiliki para Dokter, Penulis, Politikus, Seniman, atau Guru bahkan Professor atau Dosen. Kadang pula Ibu rumah tangga ikutan nimbrung diblog seperti ini, apalagi yang berurusan dengan rumah tangga, anak, kesehatan, sosial politik, dan masakan dapur.
  • Company Blog
Blog jenis ini dari namanya sudah kelihatan, dimiliki oleh jenis perusahaan dan kantor. Biasanya berisi artikel introductory atau pengenalan sebuah instansi dengan profil yang lengkap.
Atau bisa juga dikatakan blog ini biasa dimiliki oleh mereka yang bergerak di bisnis secara umum seperti bisa ditemukan pada blog news atau berita, blog announcement atau berupa pengumuman-pengumuman yang biasanya terkait dengan perusahaan itu sendiri.
  • Product Blog
Blog tipe ini cenderung dimiliki dan digunakan oleh instansi atau perseorangan guna menawarkan suatu produk atau jasa yang tujuan utamanya adalah menjual dan menawarkan.
Blog jenis ini lebih cocok digunakan para bisnisman yang ingin menawarkan produknya melalui dunia maya. Biasanya diserta review lengkap sebuah produk atau jasa yang diserta pula dengan foto, gambar, brosur, ataupun bahkan video sebagai detailnya.
  • Brand Blog
Nah blog yang satu ini biasa disebut sebagai pelebaran sayap dari sebuah perusahaan dalam menjangkau kostumer. Bisa ditemukan pada perusahan besar seperti Microsoft, dimana untuk menjangkau kostumer tidaklah mungkin hanya berpusat pada satu website saja, sehingga dalam pengelolaan, service, pengenalan, maupun penjualan dapat dilakukan dalam waktu yang tidak terbatasi karena memiliki blog masing-masing.
ada pula tipe blog seperti ini bukanlah blog anak perusahaan saja, melainkan juga ditulis oleh orang-orang diluar perusahaan. Misalnya anda menyukai sebuah produk dari sebuah perusahaan, lalu anda mengulas produk tersebut, dan bahkan ikut membantu memberikan solusi dan servis, dll.
  • Business Blog
Coba buka www.coudal.com sebagai referensi dari salah satu tipe blog bisnis jika anda penasaran. Tipe blog seperti ini bertujuan untuk mempromosikan dan menjual produk dan iklan.
Banyak jenis dari blog bisnis yang bisa ditemukan dan menawarkan hasil yang tidak kecil sehingga banyak orang lebih memilih untuk bekerja didalam rumah atau kafe-kafe internet dan memilih untuk menghapkan wajah pada layar komputer atau netbook mereka untuk menambah jumlah penghasilan.

Nah, dari ulasan tersebut semoga bisa membantu anda untuk memulai menentukan sekiranya blog jenis apa yang akan anda buat, sehingga anda tidak memiliki blog yang campur aduk antara curhat sambil jualan.
Selamat berpikir, dan Sukses buat Anda.

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.