Membangkitkan intuisi berpikir 2

Nah karena saya sudah menjanjikan akan memberikan tahapan dalam membangkitkan intuisi berpikir. Mengenai penjelasan intuisi dapat anda baca pada “Membangkitkan intuisi berpikir 1”.

il_fullxfull.292940961

Sebelum melangkah, saya ingin kembali mengingatkan mengenai visualisasi, karena metode yang akan digunakan adalah manajemen pikiran melalui imaginasi visualisasi. Visualisasi berarti menciptakan sebuah gambaran, pembayangan, pembentukan imagi. Sama halnya dengan lamunan, hanya saja dalam visualisasi, memiliki tujuan-tujuan khusus yang lebih terarah, sehingga tidak melayang-layang. Konsentrasi menjadi kunci utama dalam keberhasilan dan kelancaran bervisualisasi.

Saya akan kembali menyampaikan mengenai pelatihan konsentrasi pikiran yang akan berguna bagi kelancaran visualisasi di posting yang akan datang.

Kembali pada pembangkitan intuisi berpikir. Fungsi dari pelatihan ini adalah, jika satu saat nanti anda membutuhkan sebuah gagasan atau ide, inspirasi, jawaban atas pertanyaan atau persoalan yang sedang anda hadapi, latihan visualisasi ini akan membantu anda untuk membawa anda pada sejumlah jawaban. Tahapan latihan ini menggunakan daya kemampuan sub-conscious mind (bawah sadar) untuk membantu pikiran sadar anda mencapai titik kulminasi daya berpikir dengan intuisi yang mampu menghasilkan jawaban, ide, solusi, pencerahan bagi anda.

Tahapannya sebagai berikut:
1. Carilah sebuah tempat dimana anda bisa memperoleh ketenangan dan merasa tidak terganggu oleh keadaan sekeliling anda.
2. Duduklah dengan tenang, boleh sambil duduk ditempat duduk atau dalam kondisi bersila. Usahakan seluruh pakaian terasa longgar sehingga tidak akan mengganggu alur nafas. Lalu pejamkan mata anda.
3. Untuk mencapai kondisi pikiran dan tubuh yang lebih rileks dan tenang, tariklah nafas panjang perlahan melalui hidung, lalu tahanlah sebentar (10-15 detik), lalu hembuskan perlahan melalui hidung hingga nafas habis. Perhatian: pada saat menarik nafas, seluruh otot tubuh anda akan terasa mengencang, maka pada saat melepaskan atau membuang nafas, rasakan seluruh otot tubuh jadi lebih kendur dan rileks. Lakukan 3-5 kali tarikan dan buangan nafas hingga anda merasakan baik pikiran dan tubuh menjadi sangat rileks, damai, dan tenang.
4. Jika sudah mencapai ketenangan. Mulailah melakukan tahapan visualisasi. Bayangkan anda sedang berjalan menembus hutan. Cobalah untuk membentuk pencitraan atau gambaran yang jelas dan mendetail terhadap hutan yang anda lewati. Cobalah untuk melihat, mencium, merasakan kondisi hutan tersebut secara real, seolah-olah nyata.
5. Selanjutnya dalam perjalanan anda menyusuri hutan, bayangkan anda sudah sampai di sebuah rumah kosong. Dan sekali lagi, cobalah untuk tetap menjaga konsentrasi, dan membayangkan sedetail mungkin, sejelas mungkin, senyata mungkin sehubungan dengan kondisi rumah yang anda datangi. Lihatlah keadaan rumah tersebut, mulai dari atap, pintu, lantai, jendela, tanah yang mengelilinginya.
6. Perlahan, datangi rumah tersebut dan ketuklah pintu, bukalah pintu tersebut dan masuklah.
7. Didalam rumah tersebut, bayangkan sekali lagi dengan detail dan rinci, seorang pria tua yang sangat bijaksana yang sedang berdiri ditengah ruangan tersebut. Sambil tetap menjaga konsentrasi anda. Cobalah bercerita dan bertanya pada orang tua tersebut sehubungan dengan permasalahan yang sedang anda hadapi.
8. Lalu dengarkan apa yang orang tua tersebut sampaikan kepada anda. Dengarkan setiap nasihatnya.
9. Jika sudah selesai. Maka ucapkanlah terima kasih padanya lalu berpamitan.
10. Berjalanlah kembali keluar dengan tenang. Kembali susuri hutan yang anda lewati tadi.
11. Jika sudah sampai pada tempat semula. Mulailah menarik nafas panjang melalui hidung, tahan sebentar (10-15 detik), lalu lepaskan melalui hidung. Setiap kali anda menarik dan membuang nafas, rasakan tubuh jadi lebih segar, lebih fit, lebih bugar, dengan perasaan lebih bergembira dengan solusi dan nasihat yang anda terima.
12. Kapanpun anda siap, anda sudah bisa membuka mata anda kembali.

Mudah bukan. Namun ada beberapa catatan yang harus anda perhatikan. Anda tidak sedang berhadapan dengan mahkluk dunia lain dan sejenisnya. Gambaran orang tua bijak tersebut adalah gambaran dari sumber kecerdasan bawah sadar anda,sendiri yang dianggap sebagai sumber pengetahuan dan ilmu.  Jadi tidak perlu khawatir dan takut jika tahap pelatihan ini adalah berhubungan dengan dunia lain. Karena yang anda hadapi adalah kondisi relaksasi untuk pembangkitan daya intuisi berpikir anda.

Catatan lain yang harus anda perhatikan adalah mengenai keyakinan dan kepercayaan anda terhadap latihan yang telah anda lakukan. Bagi orang-orang yang membuka diri, dan memiliki kecerdasan bawah sadar yang tinggi, akan meningkatkan kepercayaan dirinya setelah pelatihan ini terselesaikan.
Sebagai catatan pula, cara ini terbukti ampuh pada saat saya menggunakannya untuk membangkitkan intuisi berpikir seorang anak berumur 7 tahun dan 15 tahun. Terbukti daya kinerja otak mereka meningkat dengan perubahan sikap yang lebih tertata dan memiliki sopan santun yang meningkat pula.

Selamat mencoba, dan salam sukses.

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.