OLS: Optimum Learning State 1

Mungkin ada yang bertanya apa itu Optimum learning state?

Optimum learning state seperti dijelaskan oleh  Mihaly Csikzentmihalyi merupakan, "Sebuah keadaan konsentrasi total yang mampu menyerap secara mutlak perasaan, sehingga seseorang berada dalam kekuasaan dan kekuatan tertinggi pada saat itu, dan memperlihatkan kondisi usaha belajar tertinggi dari kemampuan yang dimiliki."

Secara sederhana Optimum learning state adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kondisi terpandainya. Atau sebuah keadaan dimana seseorang mampu mengoptimalkan daya serap dalam usaha belajarnyaserta mampu memiliki pemahaman secara maksimum.

Bayangkan saja jika anda, anak anda, anak didik anda mengalami kondisi optimum learning state (OLS) dimana kondisi otak mampu menyerap ide-ide dan informasi baru setiap kali dalam kondisi belajar, yakni pada saat kemampuan otaknya berlipat ganda. Sehingga hasilnya anda, anak adnda, anak didik anda tidak perlu bersusah payah mengulang atau mengikuti pelajaran dankelas sama dari waktu ke waktu, karena daya kemampuan rekam anda, anak didik anda, anak anda meningkat secara pasti.

Kabar gembiranya, semua orang dapat mencapai kondisi Optimum learning state. Terdapat beberapa cara untuk mencapai kondisi ini. Yakni dengan perpoaduan antara latihan pernafasan, relaksasi dan visualisasi anda , anak didik anda, ank anda dapat memasuki kondisi optimum learning state (OLS) secara sadar dan setiap kali dibutuhkan.

The Fact (Kenyataan yang terjadi)
Saya telah beberapa kali menjumpai kondisi, baik saya pribadi, para sahabat, dan anak didik saya mengalami kondisi penurunan mental belajar. Kaitannya terhadap motivasi belajar, semangat yang down, rasa malas yang tinggi, daya ingat dan daya serap yang melemah, fokus dan konsentrasi yang berpengaruh terhadap daya simak yang juga jatuh. Akibatnya, kondisi belajar jadi kurang nyaman dan terkesan tergesa-gesa.
Mungkin nampak lumrah dan manusiawi jika kondisi belajar mengalami naik dan turun, begitu tidak stabil. Dan saya yakin anda pun pernah mengalaminya. Dan bahkan terkadang anda pun bertanya-tanya dalam hati, "Ada apa dengan diri saya?"

Penelitian OLS
Hasil dari beberapa penelitian sebelumnya, pada kondisi Optimum learning state tercatat bahwa  otak pada saat itu terekam pada kondisi tetha, yakni frekuensi gelombang elektromagnetik yang berjalan diantara 3-7 hz atau putaran per detiknya. Padahal pada kondisi tetha kecenderungan yang terjadi adalah pada kondisi meditatif dan relaksasi yang sangat mendalam, atau pada kondisi kantuk yang sangat tinggi, cenderung pada kondisi bawah sadar yang memuncak, kondisi menjelang tidur, dan kondisi terhipnosis.

Lalu bagaimana seseorang bisa mencapai kondisi OLS secara sadar?
Ya ini adalah salah satu kesulitan dari pencapaian OLS karena kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana mencapai kondisi tetha dalam keadaan sadar secara total.

Dan walupun secara teori menyatakan bahwa agar kemampuan otak meningkat dan bisa masuk dalam kondisi OLS atau Optimum learning state seseorang harus dibawa pada kondisi meditatif, hipnosis, dan relaksasi mendalam; satu hal yang harus dicatat yakni kondisi tersebut dapat tercapai secara sadar melalui metode 3 tahapan sebagai berikut:
1. Menggunakan pernafasan yang dalam untuk menciptakan kondisi rileks yang akan membentuk OLS
2. Menggunakan kondisi rileksasi untuk memperdalam OLS
3. Menggunakan sistem Anchoring sebagai sarana untuk mengunci OLS agar kelak mudah untuk dipanggil atau diangkat pada kondisi sadar dan kapanpun dibutuhkan.

Nah, ternyata kondisi Optimum learning state atau OLS dapat dicapai melalui 3 tahapan diatas. Memang memerlukan pelatihan dan rutin dalam menjalankannya agar sistem anchoring atau pendasaran/penjangkaran pikiran dapat mengunci OLS secara baik. Dan hal ini sangatlah penting bagi para pelajar, guru dan orang tua agar dapat meningkatkan kemampuan otak anak didik, dirinya sendiri, dan anaknya. 

Untuk tahapan pelatihan akan saya sampaikan pada posting artikel berikutnya. Sebelumnya untuk lebih dapat memahami mengenai frekuensi gelombang otak silakan baca "Mengenal Gelombang Otak" dan "Pemrograman Mental State Belajar Baru".

Semoga artikel ini bermanfaat dan mempu mendapat masukan dari Sohib blogger pula.
Selamat membaca dan salam sukses

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.