INBOUND & OUTBOUND LINK

Mungkin blogger banyak bertanya-tanya apa sih Inbound dan Outbound link itu dan apa pentingnya bagi blog kita. Nah kali ini Mixland ingin berbagi pengetahuan seputar Inbound dan Outbound link.

Analoginya seperti ini:
Jika Blog Mixland.blogspot.com melakukan link pada blog Chocochip.blogspot.com, maka blog Mixland memiliki outbond link terhadap Chocochip, sementara Chocochip memiliki inbound link terhadap Mixland.

So, inbound link adalah link-link yang terhubung dan mengarah pada blog kita yang berasal dari luar. Linked link tersebut dapat mengarah pada Homepage blog kita, atau bisa juga langsung terhubung pada psoting tertentu. Sementara Outbond link dari blog kita adalah link dari salah satu posting baik dari homepage maupun salah satu p[osting blog kita yang terhubung dengan link dari blog luar yang terkait.

Sebut saja Situs besar seperti Wikipedia, memiliki outbound link yang banyak, pula memiuliki inbound link yang jumlahnya tidak terukur. Pranala luar, ya, yang biasa disematkan oleh Wikipedia dihalaman paling bawah pada referensi, itulah outbound link. 

What I Must do!!!
Apa yang harus blogger lakukan apalagi blogger pemula? Jika blog masih ber PR rendah, tentu saja inbound link akan sedikit. Tapi saran saya adalah lakukan outbound link dengan syarat buat posting artikel yang benar-benar terkait dengan link tersebut. Dan jika bisa, jangan yang ber PR terlalu tinggi, karena pada search engine jika terlalu banyak memiliki outbound link pada blog atau situs ber-PR tinggi akan menjadikan blog sendiri akan tenggelam.

Jika anda memang ingin melinkkan blog anda dengan blog ber page rank tinggi, ada beberapa tips untuk menjadikan blog anda tidak terhalang dan tenggelam dalam search engine:
  1. Pilihlah keyword dan meta tag deskripsi yang unik untuk blog anda dan berbeda dengan blog kompetitor atau outbound link
  2. Lakukan penelusuran melalui SEO tool seperti keyword checker atau auto backlink finder yang bisa anda cari via google. Hal ini dilakukan untuk melihat keyword atau meta tag deskripsi dari blog kompetitor. Jadi anda bisa mengetahui sekiranya keyword apa yang bisa anda gunakan yang berbeda dan lebih menggigit.
  3. Meskipun unik jangan sampai melenceng dari konten dari blog anda
  4. Dalam menggunakan anchor text, usahakan perbanyak keyword untuk digunakan pada setiap paragraph di posting anda. Dengan begini, anchor text menjadi berjumlah banyak dan semakin kuat. Misal keyword meta tag anda: Hipnosis, trik blogging, info dan tips unik; maka persering memasang anchor text keyword tersebut pada setiap posting anda agar lebih cepat terindeks oleh google. 
  5. Perbanyak posting yang original, ataupu meski anda membaca dari artikel blog orang lain, gunkaan daya kreatifitas untuk menjadikan teks yang anda ambil idenya menjadi tulisan hasil karya anda sendiri.
  6. Jika terdapat gambar pada blog anda, masukkan pula url pada gambar tersebut yang mengarah pada blog anda, karena mengingat-ingat bahwa memang media gambar sering jadi perburuan banyak orang, apalagi jika gambar anda memang unik.
  7. Perhatikan tampilan template dan kesesuaian jumlah iklan serta gadget plus widget diblog anda, karena juga berpengaruh pada kecepatan loading blog anda. Sssttt, karena memang saya sering mengalami kunjungan ke blog ber PR besar, tapi loadingnya terlalu lamban.

     Nah sekian beberapa tips dari saya. kebetulan link dari blog ini hanya sebulan sudah naik PR 1, jadi saya postingkan beberapa pengalaman SEO saya ke dalam blog ini. Dan dari alexa 26 juta plusdalam 3 hari blog ini bisa naik hingga 10 juta plus. Nah semoga dengan memperbanyak sharing dan posting dan juga melakukan blogwalking kan menjadikan blog saya dan anda bisa meningkat pagerank-nya.

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.