CEMBURU YANG POSITIF

Siapa yang tidak pernah cemburu? Paling tidak semua orang pasti pernah merasakan betapa tidak enaknya merasa cemburu atau bisa dikatakan sedang merasa ter-nomor sekiankan alias dicuekin.
Yah cemburu merupakan penyakit mental sejuta umat, tak jarang orang jadi saling bermusuhan, bahkan saling membunuh karena penyakit yang satu ini.
Akan tetapi, adanya Tuhan menciptakan penyakit pasti dilengkapi dengan obatnya. Bahkan kita sendiri tahu bahwa ada penyakit yang justru jadi obat paling mujarab untuk bisa menjadi lebih sehat dan memiliki hidup yang lebih baik dari sebelumnya.


CEMBURU YANG POSITIF!!!

Bagi siapapun, cemburu selalu mengacu pada hal negatif yang tidak menyenangkan, baik yang mengalami cemburu,atau dicemburui, begitu pula dengan saya sendiri. Sebagai seorang yang pernah juga mengalami pengalaman bercemburu ria, tentu saja saya jadi merasa bersyukur bisa dan pernah merasakan cemburu. Tapi disini saya akan memberikan beberapa solusi dan sedikit pemahaman berdasarkan baik pengalaman maupun pengamatan sayayang begitu tertarik dengan penyakit mental (mental disorder) sejuta umat ini.
Cemburu tidak melulu terjadi pada masalah percintaan saja. Misal cemburu seorang anak kepada kakak atau adiknya yang mendapat perhatian lebih. Atau cemburu sang murid karena murid lain yang mendapatkan kebaikan dan ramah tamah sang guru. Atau pada pekerjaan, ketika anda melakukan sesuatu yang besar anda mengharapkan pujian dari sang Bos,justru orang lain atau rekan satu tim anda yang mungkin lebih muda, lebih energik, atau lebih rupawan yang mendapat pujian dari si Bos.
Sudah cukup lama saya mempelajari benar permasalahan cemburu ini dari kacamata pribadi saya sehubungan dengan psikologis dan secara neuromentalis. Saya ingin membagi beberapa kriteria cemburu sebagai berikut:
  1. Cemburu fisikal
Cemburu ini terjadi berdasarkan apa yang dilihat dan didengar dan bisa dibuktikan secara kasat mata (nampak).Seringkali berhubungan dengan masalah kecantikan/ketampanan, jumlah kekayaan yang dimiliki, Jabatan/pangkat/title/gelar, Pakaian dan perhiasan, dsb.

    2.     Cemburu Non-fisikal
Cemburu ini terhubung dengan sesuatu yang tidak bisa diukur secara kasat, misal kepandaian, kecakapan dalam bekerja,keramah tamahan, kemampuan dsb.

Kecenderungan dari kedua jenis cemburu ini akan menghinggapi orang-orang dengan karakteristik yang berbeda dipandang dari beberapa segi. Dari kacamata psikologis dan neuromentalis yang saya pelajari, memang cemburu fisikan dan non-fisikal menghampiri orang dengan karakteristik tertentu. Cemburu fisikal cenderuung lebih banyak dialami oleh orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan lebih rendah dari cemburu non-fisikal. Sementara kecemburuan non-fisikal justru cenderung dialami oleh orang-orang yang berlatar belakang pendidikan lebih tinggi, cenderung memiliki jabatan tertentu atau hubungan khusus dalam artian relasi kerja sebagai rekan tim, atau love relationship baik dalam tingkat pendekatan (pacar/kekasih) maupun keluarga.

Kembali pada Cemburu Yang Positif.
Cemburu pada awalnya merupakan sifat kurang bisa menerima keadaan, atau melakukan pembantahan, penyangkalan dan perlawanan secara mental atau batin. Kemelut sebelumnya diawali dengan rasa penasaran  dengan kecenderungan untuk membuktikan sangat tinggi. Ketika terjadi pembuktian baru terjadi penyangkalan. dan semakin terbukti, semakin besar penyangkalan. Sementara semakin besar penyangkalan akan menimbulkan efek negatif pada mental untuk memberikan perlawanan dengan tujuan melindungi kawasan kekuasaan atau lebih akrab posisi diri secara mental, lisan bahkan hingga fisik. Dan yang sangat disayangkan adalah jika terjadi perlawanan secara lisan dan fisikal, karena sudah pasti akan terjadi permusuhan dan perkelahian secara fisik.
Dengan memahami apa itu cemburu (saya menjabarkan dari sudut pandang saya pribadi), tentu saja harapannya adalah mampu mengendalikan kecemburuan dan mengubahnya dari cemburu yang negatif menuju cemburu yang positif.
Beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan semoga bisa membantu untuk mengendalikan dan mengubah rasa cemburu adalah sebagai berikut:
  • Memahami apa yang anda cemburui
Seringkali orang gagal dalam memahami apa yang mereka cemburui karena hanya sekedar cemburu. Orang cemburu melihat rekan kerja pasangannya lebih cantik dan kaya, cemburu karena sainganny abaru saja beli mobil baru, cemburu melihat saingan kelas lebih smart dan berani, dan lain sebagainya.
Memahami cemburu yang paling mudah adalah melihat sambil bercermin (refleksi), dan mendengar sambil belajar mendengarkan.Caranya, ketika anda melihat seseorang lalu anda cemburu, segera anda lakukanpencerminan diri. Bayangkan jika anda adalah dia, atau bayangkan sebaliknya jika dia adalah anda. Rasakan baik-baik, sebeapa puas diri anda jika anda bisa menjadi seperti dia dan pula sebaliknya. Lalu tanyakan pada diri anda, apa yanganda cemburui? Lalu biarkan hati atau pikiran bawah sadar anda yang menjawabnya, biarkan kejujuran anda yang menjawabnya, dan dengarkan baik-baik.
Dengan tahap awal ini, anda akan terlatih belajar melihat refleksi diri dan belajar untuk mendengarkan sisi baik dari diri anda sendiri sehingga kecemburuan anda bisa terkontrol.
  • Melakukan introspeksi diri melalui relaksasi
Tahap berikut adalah sama dengan tahapan diawal. Hanya saja tahapan ini membutuhkan pikiran yang lebih rileks dan tenang dan sedikit membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Relaksasi dapat dilakukan dengan duduk santai sambil mendengarkan musik instrumen, atau duduk santai di taman dan tempat yang memiliki pemandangan yang bagus, atau bisa juga dilakukan di kantor atau rumah.
Lakukan pengaturan nafas secara natural dan nikmati masuk serta keluarnya nafas secara teratur. Nikmati saja sambil memejamkan mata dan rasakan hingga seperti mengantuk, seolah akan tertidur. Jika telah sampai pada kondisi dimana anda merasa sangat nyaman dengan kondisi rileks anda, mulai perlahan lakukan prosesi refleksi diri,introspeksi diri. Bisa anda lakukan dengan bantuan anda melihat diri anda sendiri secara utuh, seolah sedang berkaca.
Langkah berikutnya ada 2 jenistahap:

a) Lihatlah apa yang menjadi kelebihan diri anda. Yakni segala kemampuan, bakat, hobi, kesukaan, keahlian,yang anda miliki dan menjadi nilai positif anda. Tujuannya adalah pembentukan penghargaan terhadap diri sendiri. Dapat anda lakukan dengan melihat diri anda yang nampak gagah, anggun, mempesona, luar biasa, dsb. dan pula dapat anda lakukan dengan penguatan kata-kata positif seperti saya ini luar biasa, banyak bagian dari diri saya yang super positif dan membanggakan. Lalu dapat anda akhiri dengan kata-kata penguat seperti “Saya ingin menjadi lebih baik, lebih hebat, lebih dan lebih…” sesuai apa yang anda kehendaki.

b) Lihatlah apa yang menjadi poin-poin dimana anda merasa kurang. Tujuannya adalah utnuk membentuk kesadaran diri untuk lebih bisa menerima segala masukan dan keadaan yang akan digunakan sebagai sumber perbaikan diri. Bisa anda lakukan dengan membayangkan anda melihat diri anda sendiri. Misal anda melihat diri anda begitu cengeng, manja, pemalas, suka menggerutu dan lain sebagainya. Lalu tahap selanjutnya, anda dapat membayangkan satu orang lagi yang sama persis dengan diri anda menghampiri bayangan diri anda yang “kurang” tadi untuk memberikan penguatan. Tugas anda berikutnya adalah menyisipkan kata-kata penguat seperti,”saya akan menjadi lebih baik, saya rajin bekerja, saya selalu bersyukur” dan lain sebagainya.
Sebagai penutup, selalu gunakan kalimat-kalimat sugesti pembangun dengan ucapan syukur yang menandakan bahwa anda menerima semua keadaan dengan bergembira dan siap untuk melakukan perubahan besar dalam hidup anda.


  • Cemburu itu Belajar
Dari tahapan diatas, akan membentuk kesadaran diri bahwa cemburu itu belajar. Bahwa anda perlu menyadari, ketika anda cemburu terhadap seseorang yang cantik dan tampan karena pakaian atau dandanan yang digunakan, maka anda sedang diajari untuk menghargai diri anda untuk belajar berdandan dan berpakainan lebih baik lagi. Sementara jika anda cemburu pada seseorang yang rajin atau pandai, maka sebenarnya anda sedang belajar untuk memaksa diri anda menjadi pribadi yang lebih rajin agar anda bisa mencapai tahapan kepandaian. Jika anda cemburu kepada seseorang yang kaya raya dengan mobil mewah baru dan perhiasan lainnya, maka anda sebenarnya sedang belajar untuk menjadi pribadi yang harus bisa memotivasi diri untuk lebih giat bekerja agar mampu mencapai tahapan kesuksesan. Sukses disini bukan berarti anda harus bisa membeli rumah, pakaian, kendaraan atau perhiasan dan pernak-pernik yang mahal, akan tetapi tujuannya adalah agar anda mau memaksa diri untuk belajar menjadi pribadi yang lebih menghargai diri.
  • Perbanyak syukur 




Perihal penting yang banyak dan acapkali dilupakan orang adalah perihal bersyukur. Mereka yang banyak cemburu adalah cenderung pada mereka yang seringkali merasa kurang dan terlalu sering mempersalahkan diri sendiri. Bersyukur merupakan salah satu kunci penghargaan diri yang memiliki efek pengaruh positif paling besar terhadap kondisi mentaldan fisik seseorang.
Mereka yang bisa dan pandai mensyukuri keadaan apapun yang mereka alami, akan membawa diri mereka pada kondisi nyaman dan santai, tidak mengalami ketergesa-gesaan dalam bertindak,dan memiliki akurasi ketepatan dalam menentukan tindakan pemositif yang tinggi. Rasa syukur merupakan obat paling mujarab yang mampu menyembuhkan penyakit mental karena mampu menerima keadaan diri, memiliki penghargaan terhadap diri sendiri, serta mampu memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Jadilah pribadi yang positif

Tahap berikutnya adalah tahapan fisikal, dimana anda diminta untuk menjadi pribadi yang lebih positif dalam artian jadilah pribadi yang ramah, murah senyum, mudah bergaul, sopan santun, rajin dan sabar serta ikhlas. Jika anda memulai satu kebaikan, maka kebaikan atau kepositifan berikutnya akan mengikuti. Mudah saja, seperti anda melangkah, jika anda sudah melakukan langkah dengan kaki kanan anda, maka kaki kiri anda akan mengikuti sehingga pada akhirnya mampu membentuk keharmonisan langkah yang teratur dan positif.
Nah langkah-langkah diatas merupakan pengalaman pribadi yang sering saya ajarkan terhadap siswa-siwa bimbingan saya. Alangkah lebih baiknya jika bisa dilakukan secara teratur dengan tujuan menjad ipribadi yang lebih bisa mengenal diri pribadi agar mampu mencapai tahap terbaik dalam kehidupan.

Sekian dari saya, semoga menjadi manfaat.
Salam sukses bagi anda

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.