Mengenal Hipnoterapi


Hipsnotis berasal dari bahasa Yunani, hypnos yang berarti tidur dan isme yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi hipnotis adalah sebuah kajian pengetahuan yang mempelajari tentang tidur.
Hipnoterapi adalah sebuah teknik yang dikembangkan berbentuk terapi pikiran menggunakanhipnotis. Sehingga hipnotis dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan untuk memberi sugesti atau perintah kepada pikiran bawah sadar (pikiran bawah sadar seseorang akan naik ke permukaan ketika orangtersebut tertidur atau mengantuk). Orang yang ahli dalam menggunakan hipnotis dalam melakukan terapi disebut "hypnotherapist". Orang yang dihipnotis disebut “suyet”.

Apa bedanya Hipnoterapi dan Stage Hypnosis?
Meskipun sama-sama menggunakan metode hipnotis sebagai sarananya, hipnoterapi sangat berbeda dengan stage hypnosis (hipnotis untuk pertunjukan atau permainan seperti yang Anda lihat di Televisi). Stage hypnosis lebih mengarahkan penggunaannya untuk entertainment atau lebih kearah menjual pertunjukan. Misalnya dengan membuat keadaan yang lucu dan janggal, orang yang dihipnotis menjadi lupa dengan namanya, menjadi susah untuk berdiri, dan lain sebagainya.
Sedangkan dalam hipnoterapi, tujuan klien adalah menyelesaikan masalah atau meningkatkan kemampuan diri, yang mana hasil dari hipnoterapi diharapkan bisa bertahan untuk selamanya. Maka dari itu teknik yang digunakan pun berbeda. Dalam hipnoterapi Anda tidak hanya duduk diam dan mendengarkan sugesti dari hypnotherapist. Ketika hipnoterapi berlangsung, pikiran Anda akan diajak berdiskusi untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Pemberian sugesti dalam hipnoterapi lebih bersifat halus dan tidak memaksa sehingga lebih ke arah mengajak pikiranbawah sadar seseorang untuk menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dialami.

Seperti apa rasanya dalam kondisi hipnotis?
Banyak orangyang belum tahu hipnotis, menganggap bahwa kondisi hipnotis itu sama dengantidur atau pingsan atau tidak sadar sama sekali. Sebenarnya, kondisi hipnotis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh sepert iketika Anda merilekskan tubuh menuju tidur di malam hari. Pada kondisi inisuyet akan merasakan seluruh tubuh rileks, pikiran fokus, perasaan damai, dan tetap bisa mendengar suara disekitar.
            Hipnotis adalah pemberian program kepada pikiran bawah sadar seseorang yang sebelumnya dibawa pada kondisi sangatrileks dengan tujuan memprogram ulang asupan-asupan negate yang terkandung didalam pikiran bawah sadar dengan pemberian sugesti positif.

Apa syarat orang yang bisa dihipnotis?
Banyak orangmenganggap bahwa orang yang bisa dihipnotis adalah orang yang bodoh atau lemah pikirannya. Faktanya, seseorang hanya bisa dihipnotis apabila orang tersebut cukup cerdas, mampu berkonsentrasi dan bisa berimajinasi. Hypnosis tidak bisa diterapkan kepada orang gila, idiot, orang tuli, atau anak kecil yang belum bisa berkomunikasi dua arah. Kunci utama dari hipnotis adalah komunikasi antara Hipnoterapist dan suyet. Jika seorang suyet secara sadar menolak asupan atau sugesti dari hipnoterapist maka proses hipnoterapi pun tidak akan dapat berlangsung dengan baik. Dalam hipnotis dibutuhkan keterbukaan antara pemberidan penerima sugesti dengan tujuan mencapai apa yang diinginkan suyet.

Apa saja manfaat hipnoterapi?
            Hipnotis bagi beberapa pakar merupakan induknya beberapa ilmu pengetahuan besar. Dan secara tidak langsung sebenarnya orang yang  bahkan tidak mengenal hipnotis pun sering menggunakan hipnotis itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada prinsipnya hipnotis adalah metode penggunaan kemampuan komunikasi verbal atau lesan dengan tujuan untuk menyampaikan program kepada pikiran bawah sadar seseorang.
Hipnotis memiliki banyak manfaat diantaranya untuk membantu proses penyembuhan, membantu proses peningkatan motivasi dan kepercayaan diri, meningkatkan kecerdasan spiritual dan intelligence, mengurangi trauma atau depresi atau beban pikiran negatif, relaksasi dan penjernihan pikiran sadar dan bawah sadar, mengurangi emosi yang tidak stabil, bahkan dapat digunakan untuk proses pengecilan perutatau diet, dan masih banyak fungsi lain dari hipnoterapi itu sendiri. (Abe)

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.