Belajar Cepat dan Efektif 2

Pada postingan sebelumnya, saya memberikan artikel Belajar Cepat dan Efektif 1, agar lebihmemantapkan kemampuan belajar anda, alangkah lebih baiknya jika anda pun membaca postingna tersebut terlebih dahulu karena terdapat beberapa informasi yang yang saya kira bisa jadi masukan bagi anda.
effective-learning-tips
Mari sejenak memperhatikan pada beberapa kejadian berikut yang mungkin pernah anda alami dalam perjalanan hidup anda:
> Tiba-tiba atasan anda memanggil anda dan meminta anda untuk mengerjakan sejumlah laporan yang menumpuk . Anda sama sekali belum menguasai laporan tersebut, dan ini berarti anda harus mempelajarinya terlebih dahulu, sementara laporan seutuhnya harus terselesaikan keesokan paginya.
> Anda berhubungan dengan seseorang dari keluarga yang sangat berbeda dalam hal kondisi dan tradisi. Sementara anda tetap diharuskan untuk segera mampu beradaptasi demi keharmonisan keluarga anda.
> Atau jika anda adalah seorang pelajar. Tiba-tiba Dosen atau Guru anda memberikan sebuah tugas secara mendadak. Tugas yang rumit dan mengharuskan anda mempelajarinya, sementara sang Guru/ dosen tidak memberikan manual penjelasan mengenai teori yang berhubungan dengan tugas tersebut karena tugas tersebut adalah tugas mandiri. Dan yang lebih mantap, keesokan pagi, anda sudah harus mempresentasikan tugas tersebut untuk mendongkrak nilai akhir semester anda.
__________________________________________________________________________
Secara umum, respon terhadap kejadian-kejadian seperti ini adalah respon negatif. respon negatif berupa “negative thinking” dan “self judging” atau berpikiran negatif serta menilai diri kurang mampu atau tidak mampu untuk berhasil menjalankan tugas yang diberikan.
Kondisi “mental drop” tersebut akan memicu pikiran bawah sadar seseorang untuk lebih berfokus pada kegagalan dan ketidak-berhasilan.  Dan hal tersebut menjadi acuan pula untuk membentuk sistem belajar yang lemah dan mudah menyerah.
Untuk merubah kondisi mental yang negatif terdapat banyak cara. Dan saya akan memberikan latihan pertama untuk meningkatkan kemampuan mental dalam belajar. Jangan tutup blog ini dan mari coba kita pergunakan waktu kita sekitar 10-15 menit. Dan lakukan hal berikut:
1. Ambillah selembar kertas dan pena, atau gunakan saja PC dekstop atau laptop anda.
2. Sejenak pejamkan mata karena yang anda perlukan adalah men-“cooling down”kan pikiran anda, perasaan anda yang mungkin sedang tidak fokus atau bahkan terlalu melayang-layang.
3. Tarik nafas panjang melalui hidung, tahan sebentar sekitar 10-15 detik, lalu hembuskan perlahan melalui hidung pula. Setiap kali anda menarik nafas, secara otomatis seluruh otot tubuh akan mengencang, dan pada saat nafas dihembuskan atau dilepaskan, maka secara otomatis semua otot akan renggang, kendur. Nah gunakan moment tersebut, pada saat setiap membuang nafas, maka anda menciptakan kondisi tubuh yang jauh lebih relaks dan lemas. Pula ciptakan pikiran yang tenang dan damai. Lakukan tarikan dan buangan nafas 3-7 kali sampai anda benar-benar merasa rileks.
4. Lanjutkan dengan pemfokusan pikiran dengan menggunakan visualisasi dan sugesti kata-kata. Misal: anda membayangkan anda yang begitu energik dan smart, begitu cerdas, dan percaya diri, bahwa anda nampak begitu gagah dan sangat bisa mengerjakan semua hal, anda mudah dalam belajar. Lalu ikuti dengan pemberian sugesti kata-kata sebagai berikut;
“Saya sangat cerdas dan pandai. Kecerdasan dan kepandaian saya akan membawa diri saya pada memori yang baik dan mudah dalam mengingat.”
Atau anda mungkin bisa menggunakan sugesti kata-kata yang menurut anda lebih baik dan nyaman serta dapat memotivasi diri anda. Ingat, tujuan dari sugesti ini adalah pembentukan motivasi diri.
5. Setelah selesai, kembali “Cooling down”kan pikiran anda dari visualisasi dan sugesti tadi. Lepaskan sejenak pikiran anda dan biarkan ketenangan kembali pada diri anda.
6. Nah sebagai penutup, gunakan cara tarikan dan buangan nafas seperti diatas. Lakukan minimal 3 x. Dan sebelum anda membuka mata ucapkanlah pada setiap buangan nafas, kata-kata penguat seperti, “Terima kasih Tuhan, saya adalah orang yang cerdas dan pandai.” dan lain sebagainya. Lalu buka mata anda.
7. Gunakan  secarik kertas tadi, atau PC atau laptop anda. Tuliskan beberapa hal sebagai berikut secara terpisah dengan subjudul masing-masing, atau tulis dilembaran yang berbeca juga boleh.:
a. Tulis beberapa hal yang anda masih ingat mengenai teori yang diajarkan disekolah dari segala jenis mata pelajaran. Mulai dari olahraga hingga matematika, mulai dari Taman kanak-kanak hingga usia belajar anda terakhir.
b. Tulis beberapa hal yang berhubungan dengan aneka kegiatan dalam rangka kegiatan liburan, hobi, olah raga, rekreasi dsb yang sudah pernah dipelajari.
c. Jika anda sudah bekerja saat ini, tuliskan  hal-hal yang sudah anda pelajari. Misal jika anda seorang petani, anda bisa menuliskan tentang pengalaman pertama, cara mencangkul, cara memupuk, takaran pupouk dan pengairan yang pas, dan lain sebagainya.
d. Tuliskan pula hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan anda sebelum pekerjaan anda yang terakhir.
e. Tuliskan banyak hal yang telah anda pelajari dan tidak berkaitan dengan ke empat topik diatas.
Anda akan tahu persis bahwa anda, dalam kenyataannya adalah pelajar dan pembelajar yang memiliki memori yang baik, pendengar yang aktif, dan pembaca yang efektif. Hanya saja mungkin sebelum ini anda belum berpikir secara bijak dan kreatif.

Latihan diatas dapat anda lakukan sebanyak mungkin. Yang perlu anda catat dalam pikiran anda adalah bagaimana anda mampu membentuk mental dan attitude yang positif terhadap kemampuan belajar yang baik. Karena hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap masa depan anda.
Anda juga perlu tahu, penilaian terhadap sisi kurang, lemah, dan tidak menerima diri sendiri adalah laten dan berbahaya bagi pengembangan kepribadian anda. Karena itu saya memberikan pelatihan ini sebagai pembuka mata, telinga, dan jendela berpikir anda terhada diri anda sendiri. Tidak semua orang akan pandai dalam matematika, karena setiap orang memiliki field atau ranah pembelajaran yang disukainya, dengan pelatihan tersebut, anda bisa meningkatkan semua bidang.

Nah itulah pelatihan tahap pertama. Pada postingan berikutnya saya akan memberikan lebih banyak lagi tentang rahasia meningkatkan kemampuan berpikir. Semoga pula artikel ini tidak sekedar dibaca, namun dapat dilatih dengan seimbang. maksudnya adalah, agar teknik pelatihan ini berhasil, tentunya anda pun harus banyak belajr, dengan menggunakan teknik ini tanpa ada kegiatan belajar lebih lanjut hanya menjadikan diri anda lebih malas. So, bangkitkan kemampuan intelektual anda, dengan tanpa meninggalkan emotional dan spiritual quotation-nya.
Salam sukses bagi anda.

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. Untuk latihan penguatan mental seperti disebut diatas sebaiknya dilakukan berapa kali dalam sehari atau seminggu Mas Abe?

    BalasHapus

Terima kasih. BY Mixland Blog.