Lem Memori

Lem memori seperti dikutip dari Stine (1997) adalah sebuah cara untuk menggunakan kemampuan otak yang telah ada semenjak lahir untuk mengingat apa yang “perlu” diingat ketika “harus” mengingatnya.
iStock_000011665739XSmall.16123914_std
Melihat dan memperhatikan kutipan dan cetakitalic diatas, sudah pasti “lem memori” berhubungan erat dengan ingatan yang perlu dan harus untuk diingat, sesuai kebutuhan. Bukan hanya sekedar mengingat perihal fakta saja yang utama dari masa lalu yang terekam dalam bank memori otak, tapi tujuan utamanya adalah kemampuan ganda terhadap daya tangkap dan daya ingat.
Langsung saja saya ingin memberikan beberapa point untuk ditanamkan dalam otak anda:
  • Percaya bahwa anda akan ingat dan mudah mengingat (hal ini digunakan sebagai pembentukan “anchor” bagi sistem bawah sadar otak anda agar modul pengingat di otak anda aktif)
  • Meningkatkan keinginan untuk mengingat (lebih terfokus pada kegiatan-kegiatan mengingat yang baik dan positif, tujuannya adalah membangun sistem pengingat yang baik dan positif pula)
  • Visualisasi / membayangkan / reka ulang secara jelas dalam pikiran (hampir seperti melamun) namun lebih terfokus pada poin-poin penting yang ingin diingat (tujukan pada kejadian-kejadian positif dan baik sehingga menimbulkan perasaan yang baik seperti semangat, gairah, dan menjadi motivator internal)
  • Secara sadar, minta dan perintah diri anda untuk mengingat. Anda bisa menggunakan metode atau cara seperti self-hypnosis atau meditasi atau relaksasi, dimana gelombang otak jadi lebih teratur dan kemudahan dalam mengingat akan lebih kuat pada frekuensi otak yang lebih rendah. Tujuannya adalah pembentukan anchor atau dasar/pondasi sehingga kejadian tersebut menjadi kejadian yang istimewa dan bisa setiap saat dengan mudah untuk diingat sebagai motivasi, penambah daya, inspirasi, dll.
  • Mengulang secara mental apa yang anda ingat besok pagi. Hampir sama seperti apa yang anda lakukan dengan tahapan sebelumnya. Anda hanya perlu memerintahkan otak anda untuk mengingat apa yang anda perlu ingat besok pagi, semisal jadwal sekolah atau kampus, atau kegiatan seperti kencan, janji, dan lain sebagainya, sehingga ketika anda terbangun, anda akan langsunga terbiasa untuk mengingat.
  • Evaluasi materi. Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah evaluasi dari seluruh tahapan diatas. Dilakukan setelah berjalan beberapa hari lebih baik. Semisal hari pertama anda mungkin gagal untuk mengingat, hari kedua dan seterusnya. Sehingga anda bisa lebih memperhatikan tentang level atau kapasitas daya ingat anda yang sebenarnya.
Nah, saya kira itulah tentang lem memori dan beberapa penjelasan yang saya bisa gunakan. Lem memori sangat baik digunakan bagi terutama para pelajar yang mengalami kendala kesulitan dalkam mengingat. Bahkan bagi yang sulit untuk bangun pagi meskipun sudah memasang jam weker, teknik lem memori dapat digunakan dengan memerintahkan otak dan bawah sadar untuk membangunkan diri anda besok pada jam yang anda inginkan.
Selamat membaca dan memahami, dan salam sukses
This work is licensed under a Creative Commons license.

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. Wah mantabh Mas. Like this Mas, saya catat semuanya. Jika ada pertanyaan nanti langsung saya sampaikan Mas.

    BalasHapus

Terima kasih. BY Mixland Blog.