Manajemen Pikiran secara Umum


Memang sedikit sulit untuk menyadari bahwa ternyata menyimak dapt meningkatkan kemampuan otak. Dalam keadaan sadar atau tertidur (mengantuk), pada saat tertentu dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu, jutaan sel otak bekerja secara aktif. Bayangkan saja saat kita tertidur pulas, otak bekerja dengan mengirim jutaan informasi pada seluruh syaraf, sistem limbik, pengaturan suhu tubuh, penjagaan sistem pompa jantung hingga sistem metabolisme dan respirasi. dan bahkan keterlibatan memori otak dan mimpi.

Menurut survei dari University of Minnesota oleh Psikolog Eric Klinger, Ph. D., kebanyakan dari manusia mengkonsentrasikan pikirannya pada apa yang sedang dikerjakan hanya sepertiga dari total waktu yang dimiliki. Dari 24 jam, hanya 8 jam aktif kita hanya berpikir terfokus pada diri kita sendiri itu pun bisa jadi sangat kurang dari 8 jam. Kebanyakan hanya tercurah pada hubungan sosial, masalah-masalah pribadi, dan orang-orang yang menciptakan amarah dan perasaan yang bergejolak. 

Bukan terfokus pada masalah dan problem solver finding, akan tetapi terbagi pada permasalahan sebagai berikut:

* 30% tercurah pada aktivitas yang terjadi di sekeliling kita misalnya hiruk pikuk dan lalulintas, keramaian dan padatnya perkotaan dan lain sebagainya.
* 25% tergunakan untuk memikirkan orang lain dan keadaan batin dirinya sendiri
* 6% berpikir aktif dalam problem solver finding atau solution finding
* 3% berfokus pada pemujian diri sendiri atau mengkritik diri. Biasanya habis pada sesi melamun dan berkhayal
* 3% terbagikan pada sisi berpikir tentang kecemasan, galau dan ketakutan atau lebih pada hal-hal yang membuat diri khawatir
* 2% pada pemberian petunjuk pada diri sendiri.
* 1% berpikir tentang tindak kekerasan
* dan 26% terbagi untuk berbagai macam subjek. 

Nah dari penjelasan manajemen pikiran secara umum yang terjadi berdasarkan hasil survei diatas, seharusnya dengan belajar berkonsentrasi pada satu titik subjek saja sudah mampu menghasilkan pengoptimalan daya pikir. Penurunan kemampuan mental dalam daya pikir sering kali terjadi pada seseorang dengan daya konsentrasi yang rendah dan lemah.

Pada kesempatan posting berikutnya saya akan memberikan beberapa tips mengenai pengoptimalan daya pikir. Sebelumnya anda mungkin tertarik untuk membaca “Lem Memori” yang berkaitan erat dengan manajemen daya pikir dalam meningkatkan kemampuan mengingat.
Selamat membaca dan salam sukses

This work is licensed under a Creative Commons license.

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.