SEO 1


SEO atau mungkin lebih akrab untuk disebut sebagai Search engine optimization adalah sebuah cara untuk melakukan pengotimalan blog agar crawler search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dapat maksimal dalam melakukan pengindeksan terhadap data dan informasi dari blog kita. SEO sangat penting untuk dapat mendatangkan traffic atau pengunjung kedalam blog.  Dan meskipun tidak mudah dalam meningkatkan kapasitas blog agar mudah terindeks oleh Search Engine seperti Google dan Yahoo, apalagi ketika terletak dihalaman terdepan dalam pencarian kata kunci, bagaimanapun terdapat banyak cara untuk melakukan peningkatan terhadap kualitas blog kita agar semakin top di earch engine. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan dalam blog Sohib agar mudah terindeks:

1. Keyword
Apakah sohib sudah punya keywords yang terpasang pada meta keyword? Jika belum, sohib perlu tahu betapa pentingnya keyword bagi kehidupan sebuah blog. Karena begitu banyak blog dan website yang ada akan memungkinkan mereka memiliki konten, template dan nama yang hampir sama. Jika blog sohib tidak memiliki keyword yang unik dan menarik, dan tidak bisa menjelaskan tentang blog Sohib, tentu saja hal tersebut tidak akan membawa trafic yang lebih baik kepada blog sohib.

Sebelum menentukan keyword buat blog Sohib, Sohib perlu bertanya ke diri sendiri mengenai sebenarnya visi dan misi blog Sohib itu apa, apa yang akan diulas (pada bidang apa: mis: pendidikan, politik, SEO, bisnis, atau informasi, dll), tentukan audience dan visitor (negara tertentu atau internasional).

Sohib bisa menggunakan beberapa web tool untuk membentuk keyword yang bagus bagi blog sohib.

2Memilih domain
Usahakan memilih domain yang bagus sebagai starter, berikutnya Sohib hanya perlu mempercantik tampilan blog dan posting artikel. Dengan begitu harga domain Sohib secara otomatis akan naik. Sebagai tips, gunakan domain yang melibatkan keyword yang telah anda tentukan sebelumnya.

Misal jika blog Sohib berisi tentang SEO dan tips blog, gunakan domain terkait seperti SEOBoost.blogspot.com atau SEOpowerup.blogspot.com, dan masih banyak lagi. Dengan begini terjadi kesesuaian antara konten dan judul blog serta domain.

3. Konten / posting artikel
Tidak ada menara yang dibangun dalam semalam, tidak ada istana yang selesai dalam 1 hari. Yang perlu diingat adalah pengoptimalan pencarian dalam search engine untuk blog Sohib membutuhkan waktu dan proses. Ada yang membutuhkan waktu 1-2 tahun, tapi juga ada yang hanya dalam beberapa bulan sudah mencapai terget pengunjung yang diinginkan.

Semua tergantung dari konten atau posting artikel yang ada di blog sohib.

Artinya, jangan asal copy paste semua artikel lalu langsung Sohib post diblog sohib, wah bisa kena pasal plagiatism nantinya. Bangunlah sebuah konten yang menarik dengan membuat teks original, asli ketikan dan buatan sendiri. Tumpahkan semua ide berkisar antara 300-500 kata, karena hal tersebut sangat disukai oleh search engine seperti Google dan Yahoo.

Buat tulisan yang enak dibaca, jelas dan mudah dipahami dan dipraktikkan, sertakan gambar jika perlu, tambahkan inbound dan outbound linknya, sertakan anchor text pula. Pada postingan berikutnya sudah saya jelaskan tentang apa itu inbound dan outbound link. Baca saja.

4. Submission
Nah untuk mendapatkan inbound link, Sohib pun setelah mengupdate posting artikel silakan mencari blog atau website yang memiliki kesamaan konten dan ber page rank tinggi dan menyertakan linknya sebagai referensi. Berikutnya adalah lakukan submission atau submit url atau ping, ke direktori dan search engine agar blog Sohib lebih dikenal.
Berikut beberapa submission link yang bisa jadi referensi:

5. Persiapan dan stabilitas posting Konten
Sohib harus sering mengupdate posting artikel, menurut seorang pakar Seo yang saya selalu mengikuti saran-sarannya, gunakan 2 jam dalam sehari, dan ternyata update posting itu tidak terlalu sulit. Dan yang penting tetap jaga keharmonisan hubungan antara posting artikel agar terkait dengan visi dan misi blog Sohib, jangan update yang tidak berhubungan sama sekali.

6. Penambahan inbound link
Blogwalking untuk berkomentar di blog sohib lain, namun yang utama carilah blog yang ber page rank tinggi dan do follow, dan yang terkait dengan blog sohib pula. Lakukan komentar yang bukan spamming alias ngawur dan ala kadarnya saja, lakukan komen yang berkualitas dan bangun hubungan yang baik dengan begini, blog tersebut akan memberikan backlink yang bagus kepada blog Sohib. Perhatikan juga minimal lakukan ping blog seminggu sekali, dan jangan terlalu sering karena akan dianggap spamming oleh Google.

Nah saya telah melakukan langkah diatas secara konsisten, dalam 1-2 bulan PR blog ini naik ke PR 1, ya maklum namanya juga pemula yang dulu sempat vakum dari dunia blogging. Persering berkunjung ke blog-blog yang membahas SEO yang memberikan artikel secara teori dan praktik yang mudah. Berikut halaman untuk SEO script yang bagus.

Abi Andaya Iswara

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih. BY Mixland Blog.